Label

Rabu, 04 Mei 2016

Cara menyembuhkan pilek/ flu

Cara Menyembuhkan Pilek/Flu dengan Cepat
Pilek dan flu merupakan penyakit yang dapat mengganggu aktivitas, terutama pada musim pancaroba saat ini yang ditambah dengan banyaknya polusi udara di lingkungan. Siapa saja yang diserang penyakit ini tentu ingin cepat-cepat sembuh agar dapat beraktifitas seperti sedia kala. Namun sayangnya, banyak yang belum mengetahui bagaimana cara menyembuhkan pilek atau flu dengan cepat.
Pilek atau common cold dalam bahasa medis disebut rinitis adalah peradangan pada mukosa hidung. Pilek sangat dipengaruhi oleh perubahan musim, polusi oleh asap, debu dan bulu binatang, kelelahan, dan minuman dingin (lebih lanjut, baca: Penyebab Flu ) Pilek muncul dengan gejala yang sama dengan flu, namun sebenarnya pilek berbeda dengan flu, dimana pada flu terdapat keterlibatan virus yang berbeda dengan common cold , dan umumnya gejala flu lebih berat dari common cold , sehingga flu merupakan gejala pilek dalam bentuk yang lebih berat.
agar flu cepat sembuh
Gejala pilek dan flu mulai muncul seketika setelah anda mengalami penurunan daya tahan tubuh, virus yang menyerang menjadi berkuasa an terjadilah proses penyakit. Gejala – gejala yang dapat muncul antara lain hidung yang berair, hidung tersumbat, lendir berlebihan, tenggorokan terasa sakit, batuk, tubuh terasa nyeri, suhu tubuh meningkat.
Cara Cepat Menyembuhkan Pilek dan Flu
Ada beberapa cara menyembuhkan pilek yang dapat anda lakukan, namun apabila anda ingin menyembuhkan pilek secepatnya, yang harus anda lakukan adalah bertindak cepat, karena setelah 12 jam pertama, flu akan menyebar dan dapat bertahan pada tubuh selama berhari – hari. Berikut beberapa cara menyembuhkan flu yaitu :
1. Minum obat dekongestan. Merupakan obat pelega pernapasan. Obat ini dapat membantu menyempitkan pembuluh darah di hidung dan menjaga agar rongga hidung tetap terbuka, contoh obat ini yang dijual bebas yaitu
Phenylephrine dan pseudoephedrine .
2. Minum obat ekspektoran. Merupakan obat pengencer lendir. Obat ini dapat membantu membersihkan rongga sinus dengan cara mengencerkan lendir, dan mengeluarkan dahak yang tertahan di dalam saluran pernapasan. Contoh obat ini yang dijual bebas yaitu guaifenesin dan Mucinex .
3. Minum obat penekan batuk. Merupakan obat yang dapat mengurangi gejala batuk. Obat ini hanya digunakan apabila batuk yang muncul adalah batuk kering. Contoh obat ini yang dijual bebas yaitu
dextromethorphan
4. Asupan vitamin C tambahan. Vitamin C sudah sejak lama diketahui dapat mencegah pilek, namun ternyata vitamin C juga dapat mempersingkat serangan pilek. Vitamin C tambahan dapat diperoleh dengan cara meminum jus jeruk, memakan buah stroberi, kiwi dan memakan sayuran berdaun hijau. Selain itu vitamin C tambahan juga dapat diperoleh dengan cara meminum suplemen vitamin C yang dijual bebas di apotik dan toko obat.
5. Mengambil cuti untuk istirahat. Ambillah cuti selama beberapa hari, libur sejenak dari pekerjaan untuk beristirahat di rumah dengan rileks dan santai untuk memberikan kesempatan bagi tubuh untuk memulihkan diri dari kondisi sakit.
6. Beristirahat yang cukup. Cobalah untuk beristirahat dengan memperbnayak tidur siang dan tidur malam hari setidaknya selama delapan jam di malam hari agar anda memiliki daya tahan tubuh yan baik sehingga tubh anda memiliki cukup energi untuk bisa menang melawan virus da penyakit. Pada saat tidur cobalah tidur dengan menyangga kepala menggunakan bantal karena posisi kepala yang lebih tinggi dapat membantu mengeringkan rongga hidung.
7. Menjaga tubuh tetap hangat. Selama anda beristirahat di rumah, jagalah tubuh anda tetap hangat dengan menyelimuti tubuh, karena kondisi tubuh yang hangat cukup dapat membantu selama pemulihan
8. Membersitkan hidung dengan benar. Pada aaat hidung terasa penuh lendir, membersitkan hidung dapat membantu dalam membersihkan rongga hidung dan membuang lendir yang berlebihan, namun bersitan yang tidak tepat, terlalu keras atau terlalu sering dapat menyebabkan lendir terperangkap di dalam rongga sinus yang dapat berisiko untuk menimbulkan peradangan rongga sinus. Cara membersitkan hidung yang benar adalah dwngan menutup satu lubang hidung menggunakan jari, kemudian bersitkan lubang hidung satunya dengan pelan untuk membersihkannya. Ulangi hal yang sama untuk lubang hidung sebelahnya. Setelah selesai jangan lupa mencuci tangan dengan menggunakan sabun untuk membatasi penyebaran penyakit.
9. Menggunakan larutan irigasi salin.
Membersihkan rongga hidung juga dapat dilakuka dengan meggunakan larutan irigasi salin, yang dapat dibuat dengan meggunakan setengah sendok teh garam yang dicampur dalam segelas air. Kemudian larutan garam dimasukkan ke dalam wadah, lalu miringkan kepala dan tuangkan larutan ke salah satu lubang hidung, kemudian larutan akan keluar melalui lubang hidung satunya. Ulangi hal yang sama untuk lubang hidung sebelahnya.
10. Meminum banyak cairan. Berkeringat di bawah selimut dan membersitkan hidung dapat menyebabkan berkurangnya cairan tubuh dan dehidrasi yang dapat memperparah gejala pilek, oleh karen itu cairan tubuh perlu ditambah dengan cara minum lebih banyak, dan memakan buah dan syuran yang mengandung banyak air
11. Melakukan perawatan uap. Panas yang berasal dari uap dapat melonggarkan lendir, sedangkan kelembapan yang berasal dari air dapat membantu melegakan rongga hidung yang kering. Perawatan uap ini dapat dilakukan dengan meggunakan air mendidih yang dituangkan ke dalam mangkuk atau wadah, kemudian posisikan wajah di atasnya agar terkena uap
12. Mandi menggunakan air panas. Mandi dengan air panas sangat bermanfaat untuk melegakan, dan memberikan efek hangat serta relaksasi, dapat membatu pemulihan.
13. Minum cairan panas. Minuman panas akan membantu membersihkan rongga hidung dan meringankan gejala sakit tenggorokan . Minuman panas yang baik untuk menyembuhkan pilek antara lain teh hangat, campuran lemon, madu dan air hangat, serta sup ayam hangat
14. Menemui dokter. Apabila pilek dan flu anda tidak sembuh dengan cepat atau gejala yang muncul bertambah berat segeralah menemui dokter untuk mendapatkan tambahan resep obat – obatan untuk meringankan gejala pilek dan flu yang anda alami.
Baca juga: Mengobati Flu, Batuk Pilek Secara Tradisional dan Manjur
Pilek dan flu merupakan penyakit yang mudah menular, tanpa kita sadari kita akan mudah terkontaminasi oleh pilek dan flu meskipun kita sudah mencegah dan menghindarinya. Oleh karena itu penting sangat bagi kita untuk mengetahui cara menyembuhkan flu atau pilek dengan cepat agar aktivitas kita tetap berjalan lancar dengan sebagaimana mestinya.
Sumber: mediskus.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar