Label

Selasa, 10 Mei 2016

Legenda norton

Sejarah Motor Norton

James Lansdowne Norton
James Lansdowne Norton lahir di Birmingham pada tahun 1869, seorang anak pembuat lemari. Sebagai anak laki-laki ia menunjukkan bakat pertama pada pembuatan perangkat mekanik dan setelah menyelesaikan pendidikan magang nya di pabrik perdagangan perkakas perhiasan. Pada tahun 1898 ia memulai membangun Norton Manufacturing Co untuk membuat rantai dan barang-barang lainnya untuk sepeda. Motor Norton pertama diproduksi pada tahun 1902,sepeda dengan bermesin Clement Belgia dibawah tabung depan. Motor Norton dengan mesin Peugeot memenangkan Balap TT pertamakali pada tahun 1907, ditunggangi oleh Rembrandt Fowler yang harus mengatasi beberapa kendala dan perubahan busi. Pada tahun 1909 ada delapan model yang ditawarkan untuk dijual, dua dengan mesin merk lain, enam dengan mesin Norton. Harrods adalah Agen pertama di London.
James Lansdowne Norton
Norton adalah seorang insinyur yang handal dengan perjuangan nya yang gigih, akan tetapi perjalan bisnis tidak semudah yang dibayangkan, pada tahun 1913 norton berada diambang kebangkrutan ketika RT Shelley & Co, kreditur modal utama masuk. Norton Motors Ltd kemudian dibentuk. Bertempat di Brooklands didirikan pusat dan riset pengujian kecepatan. RT Shelley & Co dalam hukum adalah ace tuner Dan O’Donovan mesin baru dikirim bersama untuk dilakukan pengujian oleh dia, dalam Rolling chassis dikenal sebagai ‘Old Miracle’, pemegang banyak rekor kecepatan dan sampai sekarang masih disimpan di museum. Mesin yang diuji tidak untuk dijual sampai diperoleh performa yang tepat. Motor Norton mendapatkan kontrak dengan pemerintah pada waktu Perang dunia 1 untuk memasok mesin untuk tentara Rusia pada tahun 1916, dan pabrik norton di pindah ke tempat yang lebih besar di Bracebridge Street, Aston. Yang terkenal Norton logo dibuat sekitar waktu ini.
Norton Old Miracle
Pada awal 1913, Norton telah merancang mesin dengan katup udara dengan operasi desmodromic, tapi tidak sampai 1922 motor norton menghasilkan mesin OHV pertamanya, Model 18 sebagai salah satu motor norton single tercepat . Pada 1923 Maudes Trophy diperoleh untuk pertama kalinya ketika motor Norton Model 18 memecahkan rekor dunia delapan belas di Brooklands, ditunggangi oleh sebuah tim yang terdiri dari O’Donovan, Bert-tiba dan Nigel pada musim semi. Piala itu terus dipertahankan selama tiga tahun setelah prestasi serupa kecepatan dan daya tahan.
Norton Old Miracle
Dengan 1.924 nama model yang akrab lainnya seperti 16H dan Model 19 telah diperkenalkan, yang terakhir versi 588cc Model 18. Mereka juga memiliki OHV prototipe 250cc akan tetapi tidak pernah diproduksi karena tidak memenuhi kriteria pasar pada waktu itu. Alec Bennett memenangkan Balap TT Senior dengan OHV Norton, rata-rata lebih 60mph untuk pertama kalinya.
James Norton meninggal pada 1925 pada usia 56, meskipun penampilan kebapakan di foto dengan rambut perak dengan kacamata berbingkai kawat memberi kesan jauh lebih tua. Dia dihormati di seluruh industri karena kemampuannya rekayasa dan integritas. Sesaat sebelum kematiannya ia telah mengambil liburan panjang di Afrika Selatan atas saran dari dokter dan dari kondisi jalan ia melihat ada ekspor atau model ‘kolonial’ diberi ground clearance yang lebih tinggi bersama dengan berbagai modifikasi yang sesuai lainnya.
Sementara itu, di trek balap Eropa,Motor Norton yang membangun Kekuatan industri mereka yang harus diperhitungkan, memenangkan banyak balapan. Motor Norton memperkenalkan tangki bensin jenis pelana pada mesin balap mereka.type ini menunggu satu atau dua tahun baru diluncurkan, tetapi pada 1926 di London memperkenalkan,Mesin dengan empat gearbox kecepatan dan rem memperluas internal yang berada perlengkapan standar pada beberapa model bersama dengan pelumasan otomatis drive primer rantai. Perusahaan ini secara finansial direkonstruksi sepanjang tahun dan nama berubah menjadi Norton Motors (1926) Ltd Seorang Irlandia muda bernama Stanley Woods memenangkan balap TT 1926 Senior dengan Motor Norton, tetapi untuk tujuan balap mesin pushrod sudah mulai di tinggalkan dan digantikan oleh teknologi baru.
Norton Old Miracle
The Walter Moore merancang mesin overhead camshaft mempertahankan Norton dimensi klasik 79 dengan 100mm tapi kesamaan berakhir di sana. Drive dari crankshaft diambil melalui serangkaian bevels, situ oleh poros vertikal tertutup untuk cambox melalui set bevel lain. Cambox itu melesat ke kepala silinder dan katup dikembalikan oleh coil springs.Frame baru juga diperkenalkan, tipe cradle dengan atas tunggal dan depan ke bawah tabung. Pipa knalpot di sebelah kiri mesin, praktek Norton pada saat itu. Pada tahun 1928 frame baru juga digunakan untuk rumah mesin pushrod dengan model ES2. Ada beberapa spekulasi dalam beberapa tahun terakhir seperti apa ES berdiri.
Walter Moore meninggalkan Norton pada tahun 1929 yang pindah ke Produsen NSU di Jerman. Dia secara pribadi memiliki desain mesin OHC sehingga tidak mengherankan ketika NSU mulai memproduksi mesin yang sangat mirip beberapa waktu setelahnya. Motor Norton tidak senang dengan hal ini, setelah merekrut Arthur Carroll untuk mendesain ulang mesin OHC. Motor Norton menghasilkan apa yang menjadi salah satu mesin balap paling dominan sepanjang masa dengan karir berkilauan yang berlangsung selama dua puluh lima tahun ke depan walaupun sesekali ada perlawanan oleh Velocette, Guzzi, Gilera dan BMW.
Sumber: kudabesiku.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar