Berikut beberapa perilaku yang bisa mengakibatkan ban cepat rusak - menurut Arijanto Notorahardjo - General Manager Marketing PT Gajah Tunggal.
1. Jarang memeriksa tekanan angin
Kebanyakan 
pengemudi jarang memeriksa tekanan angin sesuai dengan ketentuan pabrik 
yang ditempelakn sisi dalam pintu depan. Ada pula yang tertipu karena 
terlihat tidak kempis. "Kebiasaan ini kerap terjadi tanpa disadari. 
Karena tekanan angin rendah mengakibatkan pada bagian tertentu dari ban 
"benjol" atau pecah. Penyebabnya, distribusi panas tidak merata," terang
 Ari. Jika tekanan terlalu tinggi, kebotakan ban juga tidak merata. 
Bagian tengah akan botak lebih cepat!
Untuk itu, 
periksa tekanan angin  dengan pengukur yang akurat dan berfungsi dengan 
baik. Paling ideal pemeriksaan dilakukan sebelum beraktivitas atau mobil
 sudah diam lebih dari 3 jam. Cara paling gampang, setelah mengisi bahan
 bakar di SPBU Pertamina (sayang sebagian alat pengisi angin tidak 
mengukur dengan baik) atau bisa juga melakukannya di Shell dan Total, 
ukur tekananan angin ban atau sekaligus menambahnya. 
2. Memeriksa dan merawat kondisi
Perhatikan 
kondisi ban, misalnya menyingkirkan batu yang menyelip di celah kembang 
atau bahkan adanya benda tajam yang menusuk telapak ban. Untuk ban tubeless,
 jika benda tadi sudah terlanjur tertanam dan menembus tapak ban, lebih 
baik dibiarkan sampai Anda menemukan tambal ban terdekat. 
Rotasi dan balansing ban setiap 5.000 km. Lakukan spooring  bila setir sudah bergetar atau mobil cenderung menarik ke satu arah! 
3. Bijak memilih jalan
"Beberapa 
pengemudi cenderung cuek dan malas memilih jalan. Tidak sedikit pula 
yang main hajar lubang meski terlihat tidak terlalu lebar," papar 
penggemar balap dan off-road ini. karena sering  berbenturan dengan 
jalan rusak, berlubang atau polisi tidur - apalagi tekanan angin ban 
rendah - apalagi tekanan angin kurang - bisa mengakibatkan ban benjol. 
Jangan mengerem 
saat melewati lubang atau polisi tidur. Sebaiknya  mobil direm atau 
diperlambat  beberapa meter sebelumnya. Hindari juga melindas mata 
kucing dan dinding ban bersentuhan dengan sisi trotoar saat parkir.  
4. Mengemudi agresif
Jangan melakukan
 start.mengerem rem (utamanya mobil yang tidak dilengkapi dengan ABS) 
 mendadak dan membelok dengan cepat. Kondisi tersebut akan menyebabkan 
kebotakan ban tidak merata (flat spot). Jadi selama mengemudi tetaplah 
fokus ke depan!
5. Tidak dipakai terlalu lama
Jika memarkir mobil di garasi lebih dari 3 bulan, sebaiknya digantung menggunakan jack stand (penyanggah) pada keempat titik. Hal ini untuk mengurangi gejala "flat spot" karena bobot hanya bertumpu pada satu titik ban. 
6. Indeks beban 
Setiap ban 
memiliki indeks beban yang berbeda dan bisa dilihat di bagian samping 
dekat bibir pelek. Jika melebihi kapasitas,  bisa berakibat tapak cepat 
habis dan dindingnya . 
Perhitungannya, 
misal indeks beban 70, berarti ban tersebut harus mampu memikul beban 
maksimum 335 kg. Dikalikan keempat roda berarti total 1.340 kg. 
Selanjutnya, hitung bobot mobil, penumpang, bagasi dan bensin di tangki.
 Tidak boleh melebihi angkat tersebut.
sumber
    
sumber
| 
             
Indeks 
 | 
            
             
Beban (kg) 
 | 
            
             
Indeks 
 | 
            
             
Beban (kg) 
 | 
            
             
Indeks 
 | 
            
             
(Beban) kg 
 | 
        
| 
             
70 
 | 
            
             
335 
 | 
            
             
80 
 | 
            
             
450 
 | 
            
             
90 
 | 
            
             
600 
 | 
        
| 
             
71 
 | 
            
             
345 
 | 
            
             
81 
 | 
            
             
462 
 | 
            
             
91 
 | 
            
             
615 
 | 
        
| 
             
72 
 | 
            
             
355 
 | 
            
             
82 
 | 
            
             
475 
 | 
            
             
92 
 | 
            
             
630 
 | 
        
| 
             
73 
 | 
            
             
365 
 | 
            
             
83 
 | 
            
             
487 
 | 
            
             
93 
 | 
            
             
650 
 | 
        
| 
             
74 
 | 
            
             
375 
 | 
            
             
84 
 | 
            
             
500 
 | 
            
             
94 
 | 
            
             
670 
 | 
        
| 
             
75 
 | 
            
             
387 
 | 
            
             
85 
 | 
            
             
515 
 | 
            
             
95 
 | 
            
             
690 
 | 
        
| 
             
76 
 | 
            
             
400 
 | 
            
             
86 
 | 
            
             
530 
 | 
            
             
96 
 | 
            
             
710 
 | 
        
| 
             
77 
 | 
            
             
412 
 | 
            
             
87 
 | 
            
             
545 
 | 
            
             
97 
 | 
            
             
730 
 | 
        
| 
             
78 
 | 
            
             
425 
 | 
            
             
88 
 | 
            
             
560 
 | 
            
             
98 
 | 
            
             
750 
 | 
        
| 
             
79 
 | 
            
             
437 
 | 
            
             
89 
 | 
            
             
580 
 | 
            
             
99 
 | 
            
             
775 
 | 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar